Kamis, 06 Maret 2014

Materi Sem 4 : Kesetimbangan Kimia

BAB
KESETIMBANGAN KIMIA / DINAMIS
SK : Memahami konsep kesetimbangan  reaksi

KD 1: Menguasai reaksi kesetimbangan
Indikator :
·    Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kesetimbangan dinamis
·    Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jeniskesetimbangan kimia
Materi :
A.     Pengertian Kesetimbangan Kimia
Reaksi ireversible adalah ..........................................................................................................................................
Reaksi reversible adalah ...........................................................................................................................................
Reaksi kimia yang reversibel bersifat dinamis karena  reaksi tersebut dapat kembali membentuk reaktannya kembali. Oleh karena itu kesetimbangan kimia sering disebut sebagai kesetimbangan dinamis.
Ciri-ciri dari kesetimbanga dinamis antara lain :
1.      ..............................................................................................................................................................
2.      ..............................................................................................................................................................
3.      ..............................................................................................................................................................
4.      ..............................................................................................................................................................
5.      ..............................................................................................................................................................
Pada umumnya suatu reaksi kimia yang berlangsung spontan akan terus berlangsung sampai dicapai keadaan kesetimbangan dinamis. Umumnya pada permulaan reaksi berlangsung, reaktan mempunyai laju reaksi
tertentu. Kemudian setelah reaksi berlangsung konsentrasi akan semakin
berkurang sampai akhirnya menjadi konstan. Keadaan kesetimbangan dinamis akan dicapai apabila dua proses yang berlawanan arah berlangsung dengan laju reaksi yang sama dan konsentrasi tidak lagi mengalami perubahan atau tidak ada gangguan dari luar.
Sebagai contoh keadaan kesetimbangan dinamis, kita perhatikan reaksi penguraian (dissosiasi) gas N2O4 sebagai berikut : N2O4 (g)  D 2 NO2 (g)

JENIS-JENIS REAKSI KESETIMBANGAN
Reaksi dapat diibedakan menjadi dua macam yaitu
1.      kesetimbangan homogen yaitu ..........................................................................................................................
Contoh :
N2(g) + 3H2(g)           D         2NH3(g)
H2O(l)                     D         H+(aq) + OH-(aq)
CH3COOH(aq)         D         CH3COO-(aq) + H+(aq)
2.      Kesetimbangan heterogen yaitu .........................................................................................................................
Contoh :
 CaCO3(s)              D         CaO(s) + CO3(g)
Ag2CrO4(s)             D         Ag2+(aq) + CrO42-(aq)
2C(s) + O2(g)          D         2CO(g)
2NaHCO3(s)           D         Na2CO3(s) + CO2(g) + H2O(g)

Nilai Karakter Bangsa :
Religius: Peserta didik diharapkan selama KBM selalu memperhatikan norma-norma yang ada baik dalam tutur kata ataupun sikap,
Peduli Lingkungan: Peserta didik harus dapat menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan kelas selama KBM
Komunikatif: Peserta didik aktif dalam KBM dengan bertanya, maju kedepan, menghargai teman
Jujur , Kerja keras dan Mandiri : Peserta didik dalam mengerjakan tugas



KD 2: Menguasai faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan
Indikator :
Peserta didik menjelaskan prinsip asas Le Chatelier
Peserta didik mendeskripsikan pengaruh berbagai faktor, di antaranya perubahan konsentrasi, volume, dan tekanan terhadap pergeseran kesetimbangan
Peserta didik menjelaskan pengaruh perubahan temperatur terhadap nilai tetapan kesetimbangan
Materi :
A.     Azas Le Chatelier
Pada tahun 1884, Henri Louis Le Chatelier (1850-1936) berhasil menyimpulkan pengaruh faktor luar terhadap kesetimbangan. Kesimpulan Le Chatelier tersebut dikenal dengan Azas Le Chatelier yang berbunyi “...........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................”
Secara singkat dapat di tulis  Reaksi = - Aksi
B.     Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan
1.      Konsentrasi
·         Jika konsentrasi pereaksi diperbesar, maka reaksi akan bergeser ke kanan
·         Jika konsentrasi pereaksi ................., maka reaksi akan bergeser ..............
2.      Tekanan
·         Jika tekanan diperkecil maka reaksi akan bergeser ke arah yang jumlah .............................................
·         Jika tekanan ................., maka reaksi akan bergeser ke arah yang jumlah ..........................................
Syarat : Harus Setara
3.      Volume
·         Jika volume diperkecil maka reaksi akan bergeser ke arah yang jumlah .............................................
·         Jika volume ................., maka reaksi akan bergeser ke arah yang jumlah ..........................................
4.      Suhu
·         Jika suhu diturunkan maka reaksi akan bergeser  .............................................
·         Jika suhu ................., maka reaksi akan bergeser..........................................

Penting !!!
J Penambahan komponen padat (s) atau cairan(l) tidak menggeser kesetimbangan.
J Pada suhu tetap tidak mengubah tetapan kesetimbangan
J Yang dipengaruhi tekanan dan volume Khusus komponen gas.

           
Contoh Soal :
1.      Dalam suatu ruangan terdapat dalam kesetimbangan gas-gas SO3, SO2 dan O2, sesuai dengan persamaan :
2SO3  D 2SO2  +  O2, apabila pada suhu tetap ke dalam ruangan ditambahkan gas oksigen, maka :
a.       Ke arah mana kesetimbangan bergeser ?
b.      Bagaimana pengaruhnya terhadap konsentrasi SO3 dan SO2 ?
Jawab :
a.       Kesetimbangan akan bergeser ke ...........................
b.      Konsentrasi SO3 akan ................................, konsentrasi SO2 akan ........................................

2.      Ditentukan kesetimbangan sebagai berikut : N2(g)  +  H2(g)  D  NH3(g). Kearah makakah kesetimbangan bergeser jika tekanan diperbesar ?
Jawab :
Reaksi setarakan terlebih dahulu :    N2(g)  +     H2(g)  D     NH3(g).
Jumlah koefisien diruas kiri =.......,  di ruas kanan = ................., Jadi kesetimbangan akan bergeser ke .............

Nilai Karakter Bangsa :
Religius: Peserta didik diharapkan selama KBM selalu memperhatikan norma-norma yang ada baik dalam tutur kata ataupun sikap,
Peduli Lingkungan: Peserta didik harus dapat menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan kelas selama KBM
Komunikatitf: Peserta didik aktif dalam KBM dengan bertanya, maju kedepan, menghargai teman
Jujur , Kerja keras dan Mandiri : Peserta didik dalam mengerjakan tugas


KD 3: Menentukan hubungan kuantitatif antara  pereaksi dan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan
Indikator :
Peserta didik dapat menghitung Konsentrasi reaktan dan produk dalam suatu campuran kesetimbangan berdasarkan konsentrasi awal dan konstanta kesetimbangannya
Peserta didik mengkonversi Kc menjadi Kp berdasarkan persamaan gas ideal

Materi :
  Hubungan konsentrasi zat pada keadaan setimbang :
           mA + nB  D  pC + qD     maka
                   K =  [C]p [D]q
                          [A]m [B]n
Keterangan :
K    = tetapan kesetimbangan
[A] = konsentrasi A pada kesetimbangan = mol / volume (lt)
[B] = konsentrasi B pada kesetimbangan = mol / volume (lt)
[C] = konsentrasi C pada kesetimbangan = mol / volume (lt)

[D] = konsentrasi Dpada kesetimbangan = mol / volume (lt)

8 komentar: