BAB
KESETIMBANGAN
KIMIA / DINAMIS
SK : Memahami konsep
kesetimbangan reaksi
KD 1: Menguasai reaksi kesetimbangan
Indikator :
· Peserta didik dapat menjelaskan pengertian
kesetimbangan dinamis
·
Peserta
didik dapat menjelaskan jenis-jeniskesetimbangan kimia
Materi :
A. Pengertian Kesetimbangan Kimia
Reaksi ireversible adalah ..........................................................................................................................................
Reaksi reversible adalah
...........................................................................................................................................
Reaksi kimia yang
reversibel bersifat dinamis karena
reaksi tersebut dapat kembali membentuk reaktannya kembali. Oleh karena
itu kesetimbangan kimia sering disebut sebagai kesetimbangan dinamis.
Ciri-ciri dari
kesetimbanga dinamis antara lain :
1.
..............................................................................................................................................................
2.
..............................................................................................................................................................
3.
..............................................................................................................................................................
4.
..............................................................................................................................................................
5.
..............................................................................................................................................................
Pada umumnya suatu reaksi
kimia yang berlangsung spontan akan terus berlangsung sampai dicapai keadaan
kesetimbangan dinamis. Umumnya pada permulaan reaksi berlangsung, reaktan
mempunyai laju reaksi
tertentu. Kemudian setelah
reaksi berlangsung konsentrasi akan semakin
berkurang sampai akhirnya
menjadi konstan. Keadaan kesetimbangan dinamis akan dicapai apabila dua proses
yang berlawanan arah berlangsung dengan laju reaksi yang sama dan konsentrasi
tidak lagi mengalami perubahan atau tidak ada gangguan dari luar.
Sebagai contoh keadaan
kesetimbangan dinamis, kita perhatikan reaksi penguraian (dissosiasi) gas N2O4
sebagai berikut : N2O4 (g) D 2 NO2 (g)
JENIS-JENIS REAKSI
KESETIMBANGAN
Reaksi dapat diibedakan menjadi
dua macam yaitu
1.
kesetimbangan homogen yaitu
..........................................................................................................................
Contoh :
N2(g) + 3H2(g) D 2NH3(g)
H2O(l) D H+(aq)
+ OH-(aq)
CH3COOH(aq) D CH3COO-(aq)
+ H+(aq)
2.
Kesetimbangan heterogen yaitu
.........................................................................................................................
Contoh :
CaCO3(s) D CaO(s)
+ CO3(g)
Ag2CrO4(s) D Ag2+(aq) + CrO42-(aq)
2C(s) + O2(g) D 2CO(g)
2NaHCO3(s) D Na2CO3(s) + CO2(g) + H2O(g)
Nilai Karakter Bangsa :
Religius: Peserta
didik diharapkan selama KBM selalu memperhatikan norma-norma yang ada baik
dalam tutur kata ataupun sikap,
Peduli Lingkungan: Peserta
didik harus dapat menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan kelas selama KBM
Komunikatif: Peserta
didik aktif dalam KBM dengan bertanya, maju kedepan, menghargai teman
Jujur
, Kerja keras dan Mandiri : Peserta
didik dalam mengerjakan tugas
KD
2: Menguasai
faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan
Indikator :
Peserta didik menjelaskan
prinsip asas Le Chatelier
Peserta didik mendeskripsikan
pengaruh berbagai faktor, di antaranya perubahan konsentrasi, volume, dan
tekanan terhadap pergeseran kesetimbangan
Peserta didik menjelaskan
pengaruh perubahan temperatur terhadap nilai tetapan kesetimbangan
Materi :
A. Azas Le Chatelier
Pada tahun 1884, Henri Louis Le Chatelier (1850-1936)
berhasil menyimpulkan pengaruh faktor luar terhadap kesetimbangan. Kesimpulan
Le Chatelier tersebut dikenal dengan Azas Le Chatelier yang berbunyi
“...........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................”
Secara singkat dapat di tulis Reaksi
= - Aksi
B.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran kesetimbangan
1. Konsentrasi
·
Jika konsentrasi pereaksi diperbesar, maka reaksi akan
bergeser ke kanan
·
Jika konsentrasi pereaksi ................., maka reaksi
akan bergeser ..............
2. Tekanan
·
Jika tekanan diperkecil maka reaksi akan bergeser ke arah
yang jumlah .............................................
·
Jika tekanan ................., maka reaksi akan bergeser
ke arah yang jumlah ..........................................
Syarat :
Harus Setara
3. Volume
·
Jika volume diperkecil maka reaksi akan bergeser ke arah
yang jumlah .............................................
·
Jika volume ................., maka reaksi akan bergeser
ke arah yang jumlah ..........................................
4. Suhu
·
Jika suhu diturunkan maka reaksi akan bergeser .............................................
·
Jika suhu ................., maka reaksi akan
bergeser..........................................
Penting !!!
J Penambahan komponen padat (s) atau
cairan(l) tidak menggeser kesetimbangan.
J Pada suhu tetap tidak mengubah tetapan
kesetimbangan
J Yang dipengaruhi tekanan dan volume Khusus
komponen gas.
|
Contoh
Soal :
1.
Dalam
suatu ruangan terdapat dalam kesetimbangan gas-gas SO3, SO2
dan O2, sesuai dengan persamaan :
2SO3 D 2SO2 + O2,
apabila pada suhu tetap ke dalam ruangan ditambahkan gas oksigen, maka :
a.
Ke arah mana kesetimbangan bergeser ?
b.
Bagaimana pengaruhnya terhadap konsentrasi SO3
dan SO2 ?
Jawab :
a.
Kesetimbangan akan bergeser ke
...........................
b.
Konsentrasi SO3 akan
................................, konsentrasi SO2 akan
........................................
2.
Ditentukan kesetimbangan sebagai berikut : N2(g) + H2(g) D NH3(g). Kearah makakah
kesetimbangan bergeser jika tekanan diperbesar ?
Jawab :
Reaksi
setarakan terlebih dahulu : N2(g) + H2(g)
D NH3(g).
Jumlah
koefisien diruas kiri =......., di ruas
kanan = ................., Jadi kesetimbangan akan bergeser ke .............
Nilai Karakter Bangsa :
Religius: Peserta
didik diharapkan selama KBM selalu memperhatikan norma-norma yang ada baik
dalam tutur kata ataupun sikap,
Peduli Lingkungan: Peserta
didik harus dapat menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan kelas selama KBM
Komunikatitf: Peserta
didik aktif dalam KBM dengan bertanya, maju kedepan, menghargai teman
Jujur
, Kerja keras dan Mandiri : Peserta
didik dalam mengerjakan tugas
KD
3: Menentukan
hubungan kuantitatif antara pereaksi dan
hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan
Indikator :
Peserta didik dapat
menghitung Konsentrasi reaktan dan produk dalam suatu campuran kesetimbangan
berdasarkan konsentrasi awal dan konstanta kesetimbangannya
Peserta didik mengkonversi Kc
menjadi Kp berdasarkan persamaan gas ideal
Materi :
Hubungan
konsentrasi zat pada keadaan setimbang :
mA +
nB D pC + qD
maka
K = [C]p [D]q
[A]m [B]n
Keterangan :
K = tetapan
kesetimbangan
[A] = konsentrasi A pada kesetimbangan = mol / volume
(lt)
[B] = konsentrasi B pada kesetimbangan = mol / volume
(lt)
[C] = konsentrasi C pada kesetimbangan = mol / volume
(lt)
[D] = konsentrasi Dpada kesetimbangan = mol / volume
(lt)
bu, ini tugasnya yang mana?
BalasHapusMakasih materinya bu,.. :)
BalasHapusini dia tugasnyaaaa ... makasih bukk
BalasHapusbu, tgas ini bleh dicatat atau di print bu.....
BalasHapusboleh diprint
Hapusbu boleh di print dan dikerjain diprinannya?
BalasHapusboleh diprint
Hapussipp akhirnya ketemu juga :D
BalasHapus